Sabtu, 15 November 2014

KEKUATAN KOMUNITAS (K2) JALAN LAIN MENUJU BEASISWA


Beasiswa, kata yang tidak pernah asing. Hampir semua pemuda melampirkan emot icon (penuh harap) jika mendengarnya. Setiap menuliskannya pada Search Engine, Google akan menampilkan 3.680.000 hasil dalam waktu 0,19 detik. Beribu artikel mencoba menjadi solusi. Meskipun demikian, tetap banyak mahasiswa galau dibuatnya. Karena tak kunjung mampu memenuhi berbagai persyaratan atau telat deadline dsb. Akhirnya minder melanda dan langkah terhenti.
Salah satu solusi menarik yang bisa dicoba adalah bergabung dengan komunitas. Beberapa orang akan mengernyitkan dahinya ketika mendengar komunitas. Timbul pertanyaan dalam benak, ada apa dengan komunitas ?, mengapa harus bergabung dengan komunitas?, bla..bla..,bla..
Ada satu syair lagu yang mampu menjawab tentang kekuatan komunitas, yakni “obat hati : …..yang ketiga berkumpulah dengan orang sholeh”. Kata sholeh yang dimaksud dalam konteks ini adalah orang yang sama-sama akan atau telah berjuang untuk mendapatkan beasiswa. Ketika bersama-sama para pejuang maka kita akan memiliki energy beribu kali lipat, karena dalam lingkungan yang kompetitif.
Selain hal diatas, masih banyak hal yang bisa kita dapatkan dari komunitas. Diantaranya :
1.     Informasi beasiswa lengkap mencakup penyelenggara, persyaratan, deadline dll. Terkadang ada mahasiswa yang sebenarnya sudah memenuhi persyaratan tetapi tidak mengerti beasiswa mana yang masih buka. Ada juga yang sudah lengkap tetapi kelewat deadline.
2.    Macam-macam jenis master. Baik master by research maupun master by coursework.
3.    Pengetahuan dan tips tentang TOEFL serta IELTS.
4.    Share dari para alumni tentang kehidupan di luar negri.
5.    Membahas lebih detail mengenai persyaratan seperti surat rekomendasi, LOA.

Pada intinya dengan adanya komunitas yang terkait dengan beasiswa kita akan merasa lebih terbantu dan optimis bisa mendapatkan beasiswa. Namun perlu diingat bahwa beasiswa itu salah satu bentuk rejeki. Jika sudah kehendakNya maka kita akan mendapatkannya. Jangan lupa untuk terus berdoa dan berjuang. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar